Semoga bermanfaat ya..
Pengembangan sistem informasi merupakan tindakan mengubah,mengganti atau menyusun sistem lama menjadi sistem yang baru,baik secara sebagian maupun keseluruhan untuk memperbaiki sistem yang lama ini berjalan/yang telah ada.
Pengembangan system informasi berarti tindakan mengubah,menggantikan atau menyusun sistem informasi yang selanjutnya melalui proses iterasi baik secara keseluruhan maupun sebagian untuk diperbaiki menjadi sistem yang baru yang lebih baik. Untuk menjadikan sistem informasi baru yang lebih baik diperlukan dukungan perangkat teknologi informasi.
Terdapat beberapa tahapan dalam pengembangan sistem informasi, yaitu:
- PERENCANAAN SISTEM
- ANALISIS SISTEM
- PERANCANGAN SISTEM
- EVALUASI DAN SELEKSI SISTEM
- IMPLEMENTASI SISTEM
![ikund-6](https://ugi85blog.files.wordpress.com/2016/12/ikund-6.jpg?w=300)
Disini akan saya jelaskan dari salah satu tahapan pengembangan sistem informasi,yaitu
TAHAPAN PERENCANAAN SISTEM
Tahapan sistem menyangkut estimasi dari kebutuhan-kebutuhan fisik,tenaga kerja dana yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan system ini serta untuk mendukung operasinya setelah diterapkan.perencanaan system dapat terdiri perencanaan jangka pendek meliputi periode 1 s.d 2 tahun, perencanaan jangka panjang meliputi periode sampai dengan 5 tahun. Perencanaan sistem biasanya ditangani oleh staf perencanaan sistem bila tidak ada dapat juga dilakukan oleh departemen sistem.
Proses perencanaan sistem dapat dikelompokan dalam 3 proses utama yaitu sbb:
- Merencanakan proyek-proyek sistem yang dilakukan oleh staf perencanaan sistem.
- Menetukan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan dan dilakukan oleh komite pengarah.
- Mendifinisikan proyek-proyek sistem dikembangkan dan dilakukan oleh analis sistem.
- Merencanakan proyek-proyek sistem
- Mengkaji tujuan,perencanaan strategi dan taktik perusahaan.
- Mengidentifikasikan proyek-proyek sistem.
- Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem.
- Menetapkan kendala proyek-proyek sistem.
- menentukan proyek-proyek sistem prioritas.
- Membuat laporan perencanaan sistem.
- Meminta persetujuan manajeman.
- Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan
Menunjuk team analis.- Mengumumkan proyek pengembangan system.
- Mendifinisikan proyek-proyek yang dikembangkan
- Melakukan study kelayakan.
- Menilai kelayakan proyek system.
- Membuat ususlan proyek system.
- Meminta persetujuan manajeman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar